Pengrajin Reog Ponnorogo

Kita mengambil salah satu contoh pengrajin Reog Ponorogo bernama Pujianto, 32thn, warga gang Karangrejo, Kelurahan Karangpacar Bojonegoro. Dia senang memahat dan membuat topeng dari kayu jati yang memang bahannya banyak dijumpai di Bojonegoro.

Berawal dari keahlian membuat topeng inilah, dia lalu dipercaya pelanggannya membuat topeng khusus untuk reog. ”Kira-kita tujuh tahun lalu, saya selalu belajar membuat topeng reog dan hasilnya lumayan. Bahkan hingga saat ini order topeng reog Ponorogo dari luar kota terus mengalir,” ujar Pujianto

Bagi Pujianto, metode pembuatan topeng reog tidak jauh berbeda dengan membuat topeng kayu Bojonegoro. Namun, pembuatan topeng reog lebih rumit dan butuh ketelatenan.

Dari keahliannya membuat topeng untuk reog, Pujianto mampu menghidupi keluarganya hingga saat ini. Satu paket pembuatan alat reog lengkap yang penyelesaiannya membutuhkan waktu sekitar sebulan, dijual dengan harga sekitar Rp 10 juta. Sedangkan untuk satu topeng reog dijual sekitar Rp 450 ribu.

Untuk mendapatkan bahan peralatan reog, Pujianto tak perlu pergi jauh-jauh. Di Bojonegoro dia bisa membeli lulang (kulit) kambing, bulu hewan ternak, maupun kayu.

About these ads